Sabtu, 29 Oktober 2011

Kurikulum Sebagai Praksis


Praxis adalah suatu upayya untuk mewujudkan kesejahteraan manusia, perkembangan yang progresif dalam upaya memahami tujuan yang ditargetkan. Tindakan yang ditetapkan dan direncanakan, berlaku bijak dan jelas dalam keadaan yang praktis, nyata dam historis
Dalam pelaksanaan kurikulum sebagai praxis, elemen yang perlu diperhatikan :
1.      Ideologi yaitu seperangkat keyakinan, norma-norma, dan pola pikir yang menjadi kerangka untuk membuatt penjelasan tentang dunia ini
2.      Wacana adalah apa yang dikatakan dan ditulis tentang suatu topik tertentu
3.      Tindakan adalah pelaksanaan dari apa yang sudah dipikirkan

Kurikulum merupakan aktifitas praktik yang dilaksanakan pada kurun waktu dan tempat tertentu dan memperhatikan dampak kondisi sosial dan historis terhadap keputusan kurikuler. Teori dan praktek merupakan dua hal yang tidak terpisahkan dan saling berhubungan. Kurikulum dikembangakan lewat interaksi yang dinamis antara tindakan dan refleksi. Dengan demikian, kurikulum bukan hanya seperangkat rencana yang harus diimplementasikan, tetapi juga dihasilkan lewat proses secara aktif yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian seecara resiprokal dan terpadu. Teori-teori dan model kurikulummerupakan bagian dari wacana yang membantu pembentukan prakktik kurikuler. Teori kurikulum akan menjadi operasional lewat pemilihan atau pengembangan kerangka berpikir. Model kurikulum merupakan pola umum untuk membentuk atau menciptakan rencana program untuk jenjang pendidikan tertentu.
Para ahli pendidikan jasmani mempelajari teori kurikulum dalam rangka mengklarifikasi falsafah pendidikan seseorang, mengembangkan perspektif baru, dan meningkatkan keterampilan praktis dalam pengembangan kurikulum. Sifat dan kualitas program pendidikan jasmani masa yang akan datang akan tergantung kepada perkembangan sosial, ekonomi, dan politik dan tergantung pada komitmen dan upaya pelaksanaan tanggung jawab profesional untuk pembuatan keputusan kurikuler masa datang.

·         Struktur Kurikulum
Struktur kurikuluma dalah suatu susunan bagian-bagian yyang membentuk suatu bangunan yang sistematis, satu sama lain saling berkaitan, dan saling mengisi. Setiap bagian memiliki fungsinya sendiri-sendiri, dan tidak tergantikan oleh subsitem yang lain.
Menurut permendiknas nomor 20/2006 tentang standar isi, struktur kurikulum merupakan pola dan susunan substansi pembelajaran yang harus ditempuh oleh siswa dalam suatu tahapan/periode pembelajaran. Substansi pembelajaran terdiri dari mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.




·         Komponen Kurikulum
     Komponen kurikulum tradisional
     Soetopo & Soemanto, 1993: 26-36) :
1)      Tujuan :
a.      Tujuan pendidikan nasional
b.      Tujuan intitusional/lembaga
c.       Tujuan kurikuler
d.      Tujuan instruksional

2)      Materi :
a)      Isi materi
b)      Struktur program
3)      Organisasi dan strategi :
a)      Struktur horisontal
b)      Struktur vertikal
c)      strategi
4)      Sarana dan prasarana :
a)      Personal
b)      Material
c)      Kepemimpinan
5)      Evaluasi
a)      Evaluasi tehadap hasil atau produk kurikulum,
b)      Evaluasi terhadap proses kurikulum.

·         Komponen KTSP
1.      Visi, misi, dan tujuan sekolah
2.      Struktur dan muatan kurikulum
3.      Kalender pendidikan
4.      Silabus Mata pelajaran

·         Hakikat Penjas
     Penjas adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematis bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neurooskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam rkerangka sistem pendidikan nasional.

·         Hubungan Penjas dan Kurikulum
     Hubungan Kurikulum dengan Penjas mengaji kaitan antara kurikulum dan penjas, terdapat dua jenis hubungan yaitu :
(a)   Penjas merupakan payung/wadah yang menampung kurikulum.
(b)   Penjas merupakan salah satu mata ajar yang terdapat dalam kurikulum.

2 komentar:

  1. Izin ambil beberapa isi artikelnya yah kak buat tugas kuliah, sekaligus saya upload di blog saya, saya cantumkan sumbernya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. izin kak ambil materi dari buku ini

    BalasHapus